Earth Hour

Seperti yang saya janjikan sebelumnya, bahwa akan menulis sesuatu mengenai Earth Hour. Akhirnya, berkesempatan menulis tentang ini setelah disibukkan oleh belajar untuk Middle Test (haha,nggaya tenan e aku?wkwk).
Apa yang ada di benak anda ketika mendengar kata Earth Hour? Ha, apa itu? Jam bumi? Terus, seberapa gedhenya dong? Kalau sama Big Ban gedhean mana ya?

Aha, Earth Hour merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan aksi penduduk dunia selama beberapa jam untuk menyelamatkan bumi. Aksi ini berupa mematikan lampu selama 1 jam untuk mencegah terjadinya perubahan iklim yang semakin memburuk. Aksi ini dicetuskan oleh WWF dan The Sidney Morning Herald tahun 2007. Setelah Sydney, kota-kota lain ikut berpartisipasi dalam Earth Hour. Earth Hour dilaksanakan setiap tahun pada hari Sabtu terakhir di bulan Maret. Di tahun 2010 ini, jatuh pada tanggal 27 Maret 2010.

Earth Hour disosialisasikan melalui berbagai media, seperti radio, televisi, koran. Di sekolah saya, SMA N 2 Yogyakarta, terpasang poster besar yang ditempel di papan pengumuman. Juga, pihak sekolah dan OSIS membagi-bagikan sticker dan pin kepada siswa. Dengan begitu, diharapkan seluruh lapisan masyarakat mulai dari pelajar hingga masayarakat umum dapat berpartisipasi dalam program penyelamatan lingkungan ini.

Banyak masyarakat yang berpartisipasi dalam Earth Hour ini. Mengingat kondisi bumi yang memburuk, dan kalau sudah rusak, generasi anak cucu mau tinggal di mana? Mosok dikasih warisan bumi yang sudah bobrok begini to? Kan nggak mungkin. Di Jawa Bali, walaupun hanya berlangsung 1 jam, program ini memberi kontribusi pengurangan beban listrik mencapai 811 mega watt atau menghemat biaya pembangkit listrik sekitar Rp 580 juta. Waw, keren!

Tapi sayang, di daerah rumah saya, program ini belum sepenuhnya terlaksana. Lampu-lampu masih menyala. Hmm, kelihatannya masyarakat kecil belum mengetahui sepenuhnya mengenai Earth Hour. Wah, berarti sosialisasinya perlu ditingkatkan, tuh! Hehe, rumah saya juga belum mematikan lampu sepenuhnya kok. Karena ada insiden mengejar hama rumah. Haha.

Semua sudah pada tahu ya, kalau bumi kita ini mengalami kerusakan akibat ulah manusia sendiri. Jadi, sebagai makhluk yang bertanggung jawab, marilah kita melestarikan bumi. Menghemat penggunaan listrik, buang sampah di tempatnya, dan tindakan-tindakan lain yang sudah dihafal (karena udah sering banget muncul di majalah, TV, pelajaran) diharapkan mampu mengurangi dampaknya global warming (nah, ini juga sudah sering dijadikan tugas mbuat essay, KTI juga too?)wkwkw^^

situs mengenai earth hour dapat dilihat di http://www.earthhour.wwf.or.id/

Advertisements

2 thoughts on “Earth Hour

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s