Kita Hebat!

Tadi pagi, saya ngobrol dengan ibuk

S: saya

I: ibuk

S: buk, bapaknya temen adik ada yang udah S3 loo..

I: iyalah, kan dosen.

S: tapi pas masih muda

I: kan kalo jadi dosen emang harus pinter. (lalu, beliau menceritakan temannya yang dosen yang juga kuliah sampai S3)

S: wah, berarti dosen itu hebat dong.

I: iya, tapi kan Cuma konsentrasi sama 1 topik. Kalau guru lebih hebat lagi.

(ibuk mulai membela diri sambil didukung oleh bapak. Maklum sama-sama guru)

I: Misal guru kimia ya yang dipelajari semua kimia. Tapi kalau dosen, missal Cuma kimia karbon thok, atau apa gitu.

S: iya ya.

(saya tidak mau kalah)

S: apalagi murid, ya buk. Semua pelajaran dipelajari. Fisika, kimia, bilogi, basa jawa, sejarah. Semuanya buk. Harus dapet nilai diatas 65, lagi. po yo itu nggak benar-benar hebat?

I: oh, iya hebat banget (sambil senyum-senyum)

S: (tersenyum bangga)

Ya, siswa, murid, kita, saya hebat!

Setiap hari minimal mendapat 4 pelajaran yang berbeda. Berturu-turut dari jam 7:15-14:00. Belum kalau ada ngenol atau praktikum. Setiap hari, dari Senin sampai Sabtu. Dikejar deadline mengumpulkan tugas. Bukan Cuma 1 tugas. Bertumpuk-tumpuk dalam waktu bersamaan. Luar biasa. Hebat!

Lalu, kenapa kalau hebat? Apa kalau ‘dicekoki’ pelajaran sebegitu banyak, dapat tugas ini itu, diperas otaknya untuk bisa mendapatkan nilai di atas 65, bisa menjamin masa depan yang cerah?

Ah, rasanya saya ingin segera lulus SMA, menjadi anak kuliahan. Yah, walaupun banyak yang bilang kalau kuliah itu tidak enak. Lebih enak sekolah gitu katanya. Saya lelah dipaksa memakan pil-pil pelajaran walaupun akhirnya saya telan juga. Kalau untuk mendapatkan ilmu, okelah. Tapi, rasanya yang saya dapat selama ini hanyalah nilai. Di atas 65, atau di bawah 65 yang berarti harus remidi.

Seharusnya saya tidak perlu mengeluh dengan kondisi saya sekarang ini. Yang diperlukan hanyalah bertahan dan menjalani semuanya dengan senang dan ikhlas. Tenang saja, tinggal 1 tahun lagi, kok –a

Leave a Reply

