Petualangan Mencari Esensi Hidup

“Kita hidup dalam dunia yang penuh dengan keindahan dan petualangan. Tidak ada akhir dari petualangan-petualangan yang dapat kita jalani hanya jika kita mencari petualangan-petualangan baru dengan mata terbuka” adalah sebuah untian kata dari seorang politikus India, Jawaharlal Nehru. Perrnyataan ini menyampaikan bahwa hidup tidak akan pernah lepas dari petualangan.

Petualangan dapat dilihat dari beberapa sisi. Pertama, petualangan dalam hal ‘pencarian hidup’ yang pasti dialami oleh setiap manusia. Saat belajar berjalan atau bersepeda, seseorang sebenarnya sedang bertualang. Lalu ketika menginjak usia anak sekolah, maka seseorang disibukkan oleh petualangan dalam mencari tempat bersekolah. Selain itu, petualangan dalam hal pencarian jati diri, mendapatkan cinta Tuhan dan sesama merupakan petualangan yang selalu melekat dalam kehidupan manusia.

Kedua, petualangan dapat didefinisikan dengan arti yang sesungguhnya. Yaitu, berkelana atau  melakukan perjalanan menyusuri alam. Bagi yang menyukai tantangan, bertualang dengan alam sudah menjadi bagian dari hidup. Mendaki gunung, menikmati keindahan pantai, menyusuri gua, memanjat tebing adalah candu. Candu yang membuat rindu sehingga petualangan-petualangan baru selalu ada. Atau sekedar berjalan-jalan di kebun, bersepeda di sore hari merupakan petualangan kecil yang memiliki berjuta makna. Petualangan dapat dikatakan sebagai sebuah persahabatan antara manusia dengan alam karena alam bukan untuk dilawan, tetapi menjadikkannya sebagai kawan.

Petualangan adalah sebuah proses. Proses dalam mencapai tujuan. Seperti kata orang, basic of the adventure is not about the destination, but the journey. Bukan berarti dalam berpetualang tidak memiliki tujuan, tetapi perjalanan setiap kaki melangkah menuju impianlah yang memiliki nilai terpenting dalam kehidupan. Yaitu, ketika menghargai alam dan sesama, sifat pantang menyerah yang diuji ketangguhannya, ketepatan dalam mengambil keputusan, seberapa egoiskah manusia dan rasa syukur atas karunia Tuhan. Sangat disayangkan jika ada manusia yang tidak menyukai petualangan dan menganggapnya sebagai suatu hal yang membuang-buang tenaga. Padahal hanya dalam sebuah perjalanan ini, manusia mendapatkan pelajaran yang berharga.

Petualangan sangat lekat kaitannya dengan kehidupan manusia. Akan selalu ada perjalanan baru jika manusia berani keluar dari cangkang untuk melihat dunia dengan penuh kebijaksanaan. Pohon petualangan yang senantiasa tumbuh akan berbuah pengalaman, ilmu, keindahan yang telah disiapkan alam untuk manusia, dan rasa syukur terhadap Tuhan.

—-

 

entah esai atau bukan tapi inilah yang saya tulis untuk tugas membuat esai. mengambil tema petualangan karena saya suka jalan-jalan. ya~h, walaupun belum pernah pergi-pergi sih. haha. aduh, itu gambar apa dan gimana mewarnainya?

Advertisements

5 thoughts on “Petualangan Mencari Esensi Hidup

  1. Wanted to drop a remark and let you know your Rss feed is not functioning today. I tried including it to my Yahoo reader account but got absolutely nothing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s