Menghadiri Undangan

Bagi yang belum mau menikah, hal yang dilakukan setelah lulus SMA adalah kuliah. Haha. Sekarang untuk bisa berkuliah ada banyak aturan. Ujian Mandiri hanya diadakan oleh segelintir PTN. Ada SNMPTN undangan yang menyediakan kursi ndewo sekali. 2 PTN, masing-masing PTN 3 prodi. Jadi, calon mahasiswa memilih 6 prodi. Ada juga SNMPTN tertulis.

SNMPTN undangan diperuntukkan bagi mereka yang direkomendasikan sekolah. Saya direkomendasikan tapi tidak mau mengambil. Karena, info dari sekolah: bagi yang ikut SNMPTN undangan tidak boleh memilih UGM. UGM hanya membuka jalur PBU (PBS, dkk) dan SNMPTN tertulis. Haruskah saya melepaskan UGM begitu saja tanpa berusaha sedikitpun? Kuliah memang tidak harus di UGM, tapi mbok yo diusahakan. Kalau tidak bisa, baru ke PT lain. Sebenarnya, semua tergantung pada diri sendiri, sih. Mau kuliah dimana saja asalkan dirinya pinter dan punya skill, oke oke saja.

Ups! Ternyata sekolah saya salah informasi. SNMPTN undangan boleh memilih UGM. Hari terakhir pendaftaran di sekolah, saya baru mendaftar. Tahukah? Saya hanya memilih 1 prodi, 1 PTN. Yaitu Arsitektur UGM. Alasannya adalah, misalnya saya diterima di PTN lain, maka akan menyesal karena belum berusaha maksimal untuk kuliah di UGM. Sekedar informasi, SNMPTN undangan diseleksi berdasarkan nilai rapot. Angka-angka di rapot adalah hasil saya tidur, mbolos, dan ngobrol di kelas.

Jadi, memang saya bunuh diri hanya memilih 1. Daripada memilih banyak dan diterima di PTN atau prodi yang kurang sreg. Kurang lebih 4 tahun bukan waktu yang sebentar untuk menderita karena salah jurusan.

Bagaimanapun nanti hasilnya, semoga menjadi yang terbaik untuk semua pihak. Diterima lewat jalur undangan, alhamdulillah. Kalau tidak, masih ada SNMPTN tertulis. Kalaupun tidak, masih ada PT swasta. Ibuk bilang, selalu ada jalan untuk orang-orang yang mau berusaha dan berdoa.

Salam sukses!

2 thoughts on “Menghadiri Undangan

  1. waaah, aku juga milih UGM di snmptn undangan :) tapi aku milih pend. dokter heheh
    salam kenal yaa :D
    ngomong2, kalo snmptn undangan ikut verifikasi pbs juga ga sih?

Leave a Reply

