Imajinasi

Pernah waktu itu chat sama salah seorang teman. Dia menanyakan apa yang saya lakukan selama libur panjang yang membosankan ini. Dan saya menjawab bangun nonton TV ngenet tidur. Lalu orang di seberang sana ngetik: nggak produktif banget sih jah. Lalu baru tersadar kalau saya nggak produktif.

Tapi ada satu hal yang menurut saya sangat tidak produktif. Yaitu mimpi, ngalamun, daydream, berkhayal, berimajinasi, atau apapun itu namanya, aku sedang terjebak di dalamnya. Susah sekali untuk tidak ngalamun dalam beberapa jam saja. Dalam diam, aku membayangkan kalau nanti begini itu jadi begitu. Atau jika sedang membaca atau menonton TV atau ngenet atau sedang apapun itu, aku berkhayal tentang alur cerita yang aku ciptakan sendiri.

Seperti ini contohnya

Karena masih terbawa cerita Detective Conan yang tadi baru saja ditonton jadi saya membayangkan ketika Mas lama banget di kamar mandi. Jangan-jangan ketemu penjahat lalu dibuat pingsan ketika cuci tangan karena Mas nyimpen informasi rahasia. Lalu saya mencari dan menemukan Mas tegeletak. Dan lalu saya mengejar penjahat itu eh, malah membongkar semua teka teki kejahatan. Selanjutnya saya bilang kalau mau jadi detektif.

Atau setelah lihat film apa itu di global TV hari Minggu kemarin tentang sporter sepakbola di Inggris, saya bilang ke Mbak: kalau ikut bela diri, adik (saya) mau milih tinju. Biar bisa ngantem muka orang.

Hahah, maaf ya jadi ikutan terbawa dalam imajinasiku. Lupakan sajalah ini semua. Dan apa yang harus saya lakukan dengan pikiran saya yang susah berhenti jadi susah fokus? Atau membuat semua imajinasi saya menjadi suatu hal yang produktif?

Leave a Reply

