Tali

Aku berjalan meniti seutas tali yang rapuh. Pijakan pertama kestabilanku goyah. Aku takut untuk mengayunkan kaki menuju langkah selanjutnya. Benar saja, aku terjatuh dan terpuruk ke jurang yang teramat dalam. Jurang yang kupilih sendiri.
Dan aku melihat mereka dengan lihai memainkan kaki mereka melewat tali itu. Ada dua kemungkinan disini. Aku akan terus terpuruk dan jatuh semakin dalam. Atau aku akan bangkit dan kembali berjalan di atas tali dari awal. Ya, dari awal.
Tidak mudah bagiku untuk berada pada posisi kedua. Walaupun kata-kata Duta selalu terngiang di telinga: bila ku terjatuh nanti kusiap tuk melompat lebih tinggi.
Biarkan aku memulainya dari awal walaupun mereka telah berada jauh di ujung tali sana. Let me enjoy the process agar bisa memaknai setiap titian tali yang kulewati.

Leave a Reply

