TKAD

Beberapa hari terakhir ini ada yang berbeda dari biasanya. Tidur 7-8 jam, sebelum kuliah ngobrol dulu, ada waktu luang untuk baca novel komik majalah, tidak perlu bawa tas tambahan berisi sketch book, atau bawa tabung isinya gambar.

Alasannya adalah karena sudah tidak ada TKAD! Yeaayyyyyy \(^.^)/

Apa itu TKAD?

TKAD adalah Teknik Komunikasi Arsitektur Dasar. Berbeda dengan di ITB atau lainnya, kalau di UGM mau masuk jurusan yang berbau gambar menggambar  tidak ada seleksi prakteknya. Alhasil, yang diterima adalah mereka yang beruntung menghitami LJK ketika SNMPTN dulu. *eh, ada undangan juga ding yang nggak pakek LJK* dan bagi yang belum mahir menggambar jadi kerepotan. Seperti saya yang agak terseok-seok L

Oleh karena itu, di Arsitektur UGM diadakan TKAD. Tujuannya ya untuk melatih gambar arsitektur. Karena ada yang tipe gamber manga, berantakan, kartun, atau lainnya. Nah, disini untuk menyamakan teknik menggambar, walaupun ada ciri khas masing-masing.

Dan demi apa hari Sabtu yang lainnya libur, eh malah masuk kuliah. Asik sih jalan-jalan terutama bagi yang bukan anak Jogja. Duduk di pinggiran jalan, lalu menggambar di bawah terik matahari. Kalau mendung juga deg-degan takut hujan. Gerbang UGM, BI, saphir squre, klenteng gondomanan, bahkan Candi Boko yang harus bayar 12ribu pernah menjadi objek gambar.

Jangan tanya nilai deh. Dari 15 gambar, nilai-nilainya sebaiknya mengulang. Okey, ada waktu 19 hari untuk menyelesaikan sisanya.

Ya memang selalu dikejar-kejar deadline. Apalagi tugas bukan cuma 1. Lembur dan kurang tidur adalah hal yang lumrah. Bahkan pernah saya menyesal karena tidur 7 jam padahal ada tugas. Jadi tidak heran kalau di kampus banyak yang ketiduran. Kalau di masa-masa sekolah, ada yang tidur gitu kan digodain, difoto. Tapi di sini, kami memahami itu karena merasakan hal yang sama. Seperti twit-nya kakak angkatan.

Dipastikan pasangan yang bahagia adalah pasangan sesama arsitektur, karena dipastikan saling memahami beban tugas

LOL!

Lalu ketika asdos mengumumkan kalau sabtu kemarin adalah hari terakhir TKAD, kok rasanya sedih gimana gitu. Karena belum mateng nggambar arsitektur. Masih jelek -______- beruntungalah mas asdos menawarkan untuk ngajari lagi. Asik!

Dan beginilah semester 1 yang sibuk mengerjakan tugas TKAD. Masih belum seberapa dibanding semester banyak. Tidak ada Thanks God It’s Friday karena tidak ada weekend.

Jadi tolong, mengertilah…

 

*widiw, panjang banget tulisannya*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s