Galau Nilai

Ketika kuliah bahkan waktu tidur sangat sedikit. Ketika libur bingung mau berbuat apa. Saat kuliah adalah galau tugas. Saat libur adalah galau nilai.

I remember one thing.

Ketika SMA saya punya teman sebut saja namanya Ratih. Dia pintar tapi tidak pernah berhenti belajar dan tidak sungkan untuk membagi ilmunya. Pada akhirnya ketika wisuda ada pembagian nilai tertinggi per mata pelajaran dan 3 tertinggi paralel. Ehem, saya tidak menyangka bisa mendapatkan salah satunya. Lumayan bonusnya itu loo, ngiler *.* kami semua heran kenapa Ratih tidak mendapatkan nilai tertinggi per mata pelajaran. Ternyata dia mendapatkan juara 1 paralel! CMIIW. Oke, berdasarkan analisis bersama, hasil yang diperoleh Ratih lebih bagus daripada unggul di satu mata pelajaran saja. Alasannya adalah karena dia bisa di semuanya.

Dalam kasus ini bobot tiap mata pelajaran adalah sama.

Tapi dalam kasus perkuliahan bobot per mata kuliah berbeda. Apalagi studio yang berjumlah 6 sks dan ada terus sampai semester 7. Nilai A di 2 sks akan berbeda jauh dengan A di 6 sks. Begitulah adik-adik, suatu saat kamu akan mengerti.

Memang tidak mudah untuk menilai bahwa proses lebih penting daripada hasil…

Advertisements

2 thoughts on “Galau Nilai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s