Limaratus Limapuluh

photo by Suva

Kau adalah cahaya dengan panjang gelombang limaratus limapuluh nanometer. Dalam radius itu kau mampu mencuri perhatianku tanpa otak memerintah sekalipun. Ilmuwan bilang limaratus limapuluh adalah angka ketika mata paling peka. Tapi bagiku limaratus limapuluh adalah kau, yang menjadi titik tengah di antara spectrum warna dalam hidupku.

Inikah kenyataan bahwa  kita saling melengkapi? Seperti cahaya yang membutuhkan medium agar terlihat. Begitu pula kau yang memilihku untuk melengkapimu. Tanpamu aku gelap. Tanpaku kau tak terlihat.

Kau tahu dengan lux meter? Yang layarnya menunjukkan seberapa banyak arus cahaya yang kau berikan di tiap permukaan hingga dasar hidupku. Angka yang cukup untuk menerangi sisi gelapku. Tidak pernah kau sorot pekat padaku agar jarak memberikan ruang untuk sinarmu juga memancar kepada mereka di sekitar. Bahkan kepada debu beterbangan yang memberikan efek tindal.

Tidak pernah kau sadari itu, tapi kehangatan menyapa ketika kau ada. Walau terkadang atmosfer yang kau hasilkan membuat gerah namun tak dapat dipungkiri, ketiadaanmu lebih menyiksa.

Untuk dirimu yang suka bercengkrama dengan cahaya,

Tetaplah menjadi limaratus limapuluh-ku. Agar aku mampu menjaga hati untuk tetap setia kepada cahaya yang membuat peka. Agar kau sanggup terus bersinar tanpa kehilangan cahayamu. Agar kita bisa hidup untuk saling melengkapi. Menjadi cahaya dan mediumnya.

Terinspirasi dari bapak dosen keren: Jatmika Adi Suryabrata dalam kuliah Fisika Bangunan-Lighting

Advertisements

2 thoughts on “Limaratus Limapuluh

  1. oke deh bacanya, gaya bahasa nya *aseekk berasa baca lima center meter ya?
    but oke kok jah :D hehe
    tapi kamu gak lagi galau kan?wkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s