Alif dan Kamu

Telah aku baca habis buku Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi, hasil meminjam dari Miftah. Waktuku selama 1 minggu terlalu panjang untuk melahap 396 halaman. Mengapa aku harus menyelesaikannya terburu-buru jika setiap kata yang dirangkai oleh penulis selalu mengingatkanku padamu. Pada kisah dan cita-cita yang rajin kamu ceritakan padaku dulu. Iya, aku sedang menikmati rindu yang hanya bisa tersampaikan lewat doa.

Siapa bilang rindu itu menyenangkan? tapi tak bisa kuhindari karena buku ini terlalu bagus untuk dilewatkan bagitu saja. Dari awal cerita, Ahmad Fuadi sepertinya memang menginginkan aku untuk tidak melupakanmu. Alif sebagai tokoh utama menyukai dunia jurnalistik dan memilih untuk bekerja sebagai wartawan Koran ternama ibukota. Sama sepertimu yang bekerja paruh waktu sebagai kuli tinta dengan deadline mepet di majalah muda. Tak hanya kemiripan itu, cita-citamu mengelilingi Amerika telah diwujudkan oleh Alif dengan mengenyam beasiswa S2 disana dan bekerja sebagai wartawan. Masih jelas terpatri di ingatan ketika kamu bersemangat menyampaikan rencanamu setelah lulus kuliah untuk mengelana dunia. Dari matamu yang selalu bersinar, aku tahu kamu tidak akan menyerah untuk menggapai impianmu. Sementara aku, kini hanya bisa mendukungmu melalui untaian doa yang tidak pernah putus.

Aku yang masih saja membuka-buka halaman buku ini dibuat tidak karuan oleh penulis buku ini. Ada semangat yang membakar dari tiap kata yang terangkai. Ada syahdu yang terselip diantaranya. Bagaimana aku bisa melupakanmu jika setiap kejadian yang aku alami selalu terkait denganmu. Huft, walau kita sudah tidak bersatu. 

Advertisements

2 thoughts on “Alif dan Kamu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s