Masa Depan

Satu tahun yang lalu ketika kuliah Teknik Komunikasi Arsitektur (TKA), Pak Mario sebagai dosen menanyakan mengenai rencana kuliah hingga lulus sampai hal yang akan dilakukan setelah lulus. Di hadapan teman-teman satu kelas, saya menceritakan keinginan saya dengan ragu-ragu.

Satu bulan yang lalu saya KKN bersama orang-orang hebat. Mereka adalah penerima beasiswa, ikut pertukaran pelajar, menang berbagai lomba, bahkan ada yang menjadi mahasiswa berprestasi. Di waktu senggang, saya menanyakan teman yang sedang membuka file di laptop. Katanya ia sedang melihat timeline target 5 tahun kedepan lengkap hingga bulan dan tanggalnya. Saya terkejut. Lalu dia menyarankan saya untuk membuat hal yang serupa.

Tapi saya punya cara sendiri untuk menjalani hari. Walau terkadang goyah dan tak tahu arah tapi (pada akhirnya) saya tahu apa yang saya mau. Selama ini, saya hanya diam dan mendengarkan cita-cita teman yang diceritakan dengan semangat. Lalu semua meng-amin-i. Lagi-lagi saya punya pilihan sendiri. Hanya kepada orang-orang tertentu saja saya ceritakan semua.

The future’s not ours to see. Que Sera Sera~

Jpeg
Kemana jalan hidupmu akan dituju?
Leave a Reply

