Neither Rossi nor SS

Tapi saya bukan Valentino Rossi yang merasa dirugikan akibat kontroversi trio Spanyol. Karena ini bukan dalam ajang perebutan sebuah gelar tunggal, juara dunia. Tak heran jika saya tidak memiliki daya juang sekeras VR46 yang mampu mengubah posisi start dari paling bontot menjadi finish setidaknya posisi 4. Sehingga untuk apa saya melaporkan ini itu layaknya Valentino Rossi yang mengadu pada lembaga tinggi olahraga.

Tapi saya juga bukan Sudirman Said yang walaupun tidak ada sangkut pautnya secara langsung tapi berani melaporkan Setya Novanto ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Karena Sudirman Said memiliki bukti berupa rekaman percakapan antara Setya Novanto, Riza Chalid, Maroef Sjamsoeddin. Tindakan merekam yang dilakukan oleh MS -yang kemudian rekaman diserahkan kepada SS- adalah salah satu cara untuk membuktikan kecurigaannya. Karena bukti berupa “saya dengar cerita dari”, “dia cerita ke aku kalau” tidak akan cukup untuk menguak sebuah kasus yang terjalin rapi turun temurun, dari tahun ke tahun. Sedihnya lagi, ini kasus yang sudah dianggap wajar.

Saya hanya bisa melongo menyaksikan langsung sistem yang dibuat ketat tapi tetap saja bocor. Obsesi pada hasil akhir menjadi patokan sehingga lupa bahwa proses justru memegang peranan esensial dalam sebuah pembelajaran. Tak mengherankan jika cara-cara belakang dilakukan secara bergerilya dan masif. Mereka yang tidak tergabung di dalamnya akan dicap sebagai ‘sok alim’.

Hah, apa-apaan ini? Pancen wolak-waliking jaman.

P.S. Terimakasih kepada Rias yang mungkin tanpa dia sadari telah mengingatkan saya untuk selalu keep on the right track.

Advertisements

3 thoughts on “Neither Rossi nor SS

    1. wah zam nek ning kono terlalu pedes e kritik e. aku isih durung wani. banyak orang dekat yang terlibat soalnya :(

      tapi dudu fee sing paling penting. masalahe sing diajak rabi ki sopooo -___-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s