Hidup Seperti Motor

Hidup itu seperti mengendarai motor.

Perlu usaha untuk menyalakan mesinnya supaya bisa berjalan. Ada yang mudah –cukup dengan memencet tombol starter, tapi ada juga yang butuh perjuangan lebih –‘ngeslah’ berkali-kali hingga ia bisa melaju. Walaupun memiliki tujuan yang sama, tidak semua memiliki kemampuan yang sama. Tinggal seberapa besar usaha yang dipunya.

Sebagai pengendara yang memiliki control penuh, ia bebas menentukan kecepatan motor. Haruskah jarum speedometer menunjukkan angka maksimal atau melaju hingga merasakan belaian lembut angin atau cukup pelan-pelan saja asal tetap berjalan. Biarlah roda tetap berputar supaya tetap seimbang. Hidup pun begitu. Namun ketika lampu merah menyala, siapkan penopang agar motor tetap berdiri. Ada saat dimana harus melaju, ada waktunya untuk berhenti.

Jika memutuskan untk bersitirahat sejenak, parkirlah di tempat yang disediakan supaya hidup tidak mengganggu kenyamanan orang lain. Ini adalah saat untuk melihat lebih dalam pada diri. Mengecek kembali bensin, mesin, dan segala hal yang mempengaruhi kinerja.

Perbaiki, melajulah kembali.

Atur kecepatan motor dengan persiapan dan perlengkapan lebih siap, semangat yang baru menyala. Jalan-jalan yang telah dilalui dulu, intiplah sesekali melalui kaca spion. Masa lalu bukan untuk dilupakan tapi untuk dijadikan pelajaran. Waspadalah terhadap pengendara lain yang suka datang menyerobot. Mereka yang ingin mencederai, akan cedera sendiri. Hukum alam berlaku disini.

Tetaplah memutar roda, berhentilah di waktunya. Berkendaralah dengan gembira, hiduplah dengan penuh suka cita.

Jika motor melaju ke suatu tempat, kemana hidupmu akan dibawa?

Advertisements

2 thoughts on “Hidup Seperti Motor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s