Cerita dan Sedikit Tips Mengikuti JLPT (Part 1)

Saya selalu ingin menghilang dari kampus pada masa-masa akhir kuliah. Ketika berhasil lolos untuk magang selama satu semester di awal tahun 2015, saya sudah berancang-ancang untuk menghindari kampus lagi dengan mendaftar program pertukaran mahasiswa ke Jepang pada semester selanjutnya. Akan tetapi, nama saya tidak ada di dalam daftar mahasiswa yang berhasil mengikuti program tersebut. Baiklah, berarti saya harus kembali ke kampus menyelesaikan tugas akhir.

Ternyata, beberapa teman ada yang sudah bersiap untuk terbang ke Jepang untuk program pertukaran mahasiswa di kampus yang berbeda. Shout out to Daniar, Donna, Arbi yang mendorong saya untuk mendaftar lagi. Di tengah ke-embuh-an tugas akhir, saya kembali menyiapkan berkas. Bahkan Pak Ismu mengejar-ngejar saya untuk segera mengajukan recommendation letter. This was my last chance to join this program.

Sebagai bentuk ikhtiar, halah, sore hari sepulang dari berkutat dengan tugas akhir, saya ikut les Bahasa Jepang di Pusat Studi Jepang UGM. Awal tahun 2016, tempat lesnya bergabung dengan Pusat Pelatihan Bahasa UGM. Cmiiw. Saya dan teman-teman kemudian berhenti les.

Lagi-lagi saya tidak diterima program pertukaran mahasiswa. Sedih sih, tapi setidaknya saya jadi kenal dengan orang-orang baru yang asik. Bahkan bertemu dengan kakak angkatan jauh lalu bisa konsultasi kehidupan paska lulus kuliah. Heu.

Handphone saya berdering mendapat pesan dari Aldo Sensei yang menawarkan les semi privat Bahasa Jepang. Saya mengiyakan karena gabut juga di rumah mau ngapain. Kami mempelajari materi untuk mengejar target bisa ikut JLPT N5 di bulan Desember 2016.

Yuk, cari tahu seluk beluk mengenai JLPT di sini.

Leave a Reply

